Jumat, 23 Desember 2011

fitur

Pande Besi,
Melawan Bara untuk Sesuap Nasi


Hujan telah memberi sejuta harapan bagi semua,
setiap klentingan-klentingan bunyi sangat berarti
yang akan terus menjadi mitivasi
untuk mengais limpahan rejeki

Desa Sawan terletak di Kabupaten Buleleng, tepatnya di sebelah timur kota Singaraja. Selain sebagai nama desa, Sawan juga merupakan nama kecamatan, yaitu Kecamatan Sawan. Ditinjau dari letaknya bisa di katakan Desa Sawan jauh dari perkotaan yang membuat keadaan lingkunganya masih asri dan permai. Dilihat dari masyarakatnya, penduduk Desa Sawan sebagian besar bekerja sebagai pande besi, pande gong, petani, pedagang dan sebagian kecil sebagai pegawai negeri.
Di tengah kesibukan masyarakat desa Sawan, terlihat sesosok laki-laki perawakan kekar dalam usianya dengan sekuat tenaga ia menjalani pekerjaan sebagai pande besi di desa Sawan. Pak Made, begitu orang akrab memanggilnya. Ia memilki istri yang bernama Ibu Sarna. Pekerjaan ini telah ia lakoni selama 20 tahun dan sudah banyak kiranya karya-karya yang telah dihasilkan, seperti sabit, cangkul, pisau, parang dan sebagainya.
Pak Made membuka bengkel pande besi di belakang Pura Bale Agung di desa Sawan sejak tahun 1990. Dahulu bengkel yang ia bangun dengan susah payah sampai sekarang masih kokoh dalam usianya. Bengkel itu dulu ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat maupun dari luar desa yang sengaja datang untuk memesan sabit, cangkul, dan lain sebagainya. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, produk-produk buah karya Pak Made mulai ditinggalkan dan beralih ke alat-alat yang lebih praktis dan hanya sedikit orang yang masih setia dengan produknya.
Saat ini bengkel Pak Made hanya menyisakan 2 orang pegawai , yakni Made Wira dan Wayan Wirta. “ Saya akan setia dengan Pak Made, karena dari dulu saya sudah menganggap Pak Made seperti keluarga sendiri, beliau baik, ramah, dan mau berbagi dengan keluarga kecil saya” ungkap Wayan Wirta.
Pak Made tidak pernah membeda-bedakan pekerjanya. Dia selalu berperilaku adil. Hanya saja kebaikan dari Pak Made itulah sering dimanfaatkan oleh para pekerjanya. Perilaku adil Pak Made ditunjukkna dengan  membagi pekerjaan para karyawannya, yaitu satu yang bertanggung jawab membakar potongan besi untuk bahan pembuatan peralatan, menempanya, dan melakukan finishing. Satu lagi adalah asisten yang bertugas mengoperasikan pompa udara untuk membuat bara lebih panas, juga membantu Pak Made dalam menempa besi bakalan untuk dijadikan peralatan.
Pak made tidak mudah menyerah, meskipun pelanggan dan para pekerjanya sudah tidk setia lagi dengannya ia terus menerus menjaga bengkel kecil pande yang ia miliki. Banyak orang yang merasa kagum dan ingin seperti Pak Made, karena diusianya yang sudah tidak muda lagi ia terus bersemangat mengais rejeki untuk istri, anak, serta cucu-cucunya.



2 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus
  2. Iron-Tiny T-Shirt-Piece T-Shirt T-Shirt-T-Shirt T-Shirt T-Shirt T-Shirt T-Shirt T-Shirt.
    In order to 용인 출장안마 create 울산광역 출장마사지 this T-Shirt T-Shirt T-Shirt T-Shirt T-Shirt, you need 서산 출장마사지 a high baoji titanium quality, custom-designed shirt with all sizes possible. 남원 출장샵

    BalasHapus